Apakah Kesadaran Murni dari Brahman?

Bagikan

Oleh: Mangku Suro

Shakti Brahman adalah kesadaran murni, hakekat atau dasar kebenaran yang mengalir di semua wujud. Itu adalah kehadiran Brahman yang gaib, dasar dan wujud terakhir dari semua yang ada, tanpa ada yang bisa menahannya.

Shakti Brahman, “Energi Tertinggi”, disebut dengan banyak nama: keheningan, kasih, hidup, kekuatan dan semua pengetahuan. Ia adalah Satchidananda — keberadaan – kesadaran – kebahagiaan — kekuatan murni dari makhluk tanpa ada diferensiasi, kesadaran diri secara total, meliputi alam semesta.

Shakti memancar sebagai cahaya, energi dan pengetahuan Brahman. Dari Brahman menjadi Parashakti, penjelmaan pertama dari alam pikiran (chitta), kesadaran super atau pengetahuan tak terbatas. Brahman mengetahui segalanya tanpa batas, pengetahuan yang kekal, tidak akan pernah pudar, kesadaran kasih yang agung.

Brahman mengetahui dari jauh di dalam semua ciptaan-Nya hingga ke permukaannya. Dia ada di dalam semua wujud, yang bergerak maupun yang tidak bergerak. Seandainya Brahman menghilangkan semua resapan Parashakti-Nya dari seseorang atau apapun dari triloka, mereka akan hancur luluh, terpecah belah dan berangsur musnah. Shakti Brahman adalah kehadiran dan kekuatan yang tiada hentinya di seantero alam semesta. Kekuatan tak terhingga ini tidak memiliki awal maupun akhir.

Sesungguhnya, itu adalah Kecerdasan Agung dari Brahman. Brahman, meresap di dalam semua makhluk, Dia adalah jiwa yang ada di dalam segalanya. Dia menyaksikan perbuatan dari semua ciptaan, bersemayam di dalam segala hal, menyaksikan segala hal. Dia adalah kesadaran murni, melampaui triloka dari semesta.

Sumber: http://www.facebook.com


Bagikan

About

You may also like...

Your email will not be published. Name and Email fields are required