Menyongsong Hari Raya Saraswati

Bagikan

Seuntai kata untuk Sang Dewi :

“Saraswati, aliran anggun dari kucuran wahyu suci yang agung. Engkau sumber sungai inspirasi yang membawa para seniman kehidupan masuk ke dalam pusaran dan sumber mata air keceriaan. Engkau sumber gelombang kebahagiaan sempurna mengambil bentuk di dalam teratai hati, dan muncul sebagai rangkaian cerita kasih. Tempat suci-Mu ada di lubuk mungil sanubari yang demikian teduh dan bersinar gemilang, di mana pujangga duduk larut dalam perenungan meluncur ke birunya lazuardi kesadaran yang bening.

Di tepi aliran jernih Saraswati, penuh ditumbuhi rumput-rumput pengabdian yang hijau segar seakan takkan pernah layu dan bunga-bunga kasih nan indah semerbak mewangi. Alirannya mengucur, menerpa lembut batu-batu cadas ujian kehidupan, memberi petunjuk, penuntun, tempat di mana tubuh mungil kita mungkin sedang berusaha untuk melewatinya.

Ketika nurani melayang menembus lapisan langit keheningan, nampak jelas taman asri dengan telaga suci-Mu, tempat nan elok di tengah-tengah ladang kehidupan, di mana bunga-bunga kasih putih tumbuh subur, dihiasi tarian merak penuh warna menebar keceriaan, memberi semangat kepada angsa yang tiada berhenti berenang dengan tenang dan bijaksana menelusuri keindahan telaga.

Di liku-liku jalan spiritual, Engkau bersabda, “Aku akan menunjukkan jalan hingga ke puncak gunung “Mahameru”, Aku bersemayam di tengah-tengah kedamaian dan keindahan, mengaduk air kehidupan dan memainkan musik pujangga nurani, Aku bekerja dengan siapa yang diharapkan bisa berbagi untuk dunia, aliran-Ku yang jernih siap mengantarmu untuk meluncur menuruni bukit ketinggian hati yang congkak dan untuk tidak memulai petualangan yang sia-sia lagi, membuat mereka mampu memberi kasih kepada dunia dan tidak menjauh dari Brahman.”

Dari sabda penuh kasih dan suaranya yang merdu, menghapus segala bentuk keraguan, keluar menari dengan ceria untuk dunia, menebar gelombang kreativitas di semua media untuk berekspresi, mengikuti musik dan tarian Brahman yang terjadi secara spontan dan sempurna.

Engkau memberi kesabaran kepada pengerajin, memberi inspirasi kepada seniman, menyusun kata cinta bagi yang sedang berbagi kasih, memberi irama kepada musikus, memberikan semua pengetahuan untuk berkreativitas. Engkau adalah sumber dari segala sumber pengetahuan untuk berkreativitas di alam semesta.

Engkau tidak memiliki rasa permusuhan, dan sama sekali tidak ingin terjangkit dan menjangkiti pertengkaran. Kasih-Mu demikian cantik dan anggun, kegembiraan dari ciptaan yang memiliki rasa kasih. Engkau mengalir di sungai kehidupan, meluncur turun sebagai air terjun dari ketinggian hati, masuk ke dalam pusaran perenungan, dan terangkat kembali dalam gelembung-gelembung gemilang, jatuh menetes memerciki pujangga nurani, mengisinya dengan kasih dan keanggunan alam semesta.

Sumber:  http://www.facebook.com


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *